Rabu, 02 September 2020

Pengalaman membuat RTRW Net [Bagian 2]

Review RT/RW Net

Setelah kurang lebih satu tahun menjalani konsep RTRW Net di salah satu lingkungan rumah susun. Banyak sekali kendala dan permasalahan yang dihadapi selama menjalani bisnis ini, karena kurangnya persiapan Dana modal, Hardware dan Bandwidht sehingga membuat banyak keluhan dipelanggan bulanan maupun voucher yang telah dijual. Kurangnya persiapan dan SDM menjadi kendala utama saya dalam menjalani bisnis RTRW Net ini, pada artikel ini akan saya rangkum kendala dan 
permasalahan yang terjadi beserta solusi yang telah saya jalani.

Kebanjiran Permintaan Pelanggan

Pada tahun 2020 ini kita dihapadi pandemi Virus Corona / Covid-19, yang menyebabkan masyarakat kita dihadapi dengan kehidupan yang serba sulit Perkantoran, Sekolah dan Bidang Usaha lain terkena imbas dari pandemi ini. Disaat Pemerintah menerapkan peraturan Isolasi mandiri / PSBB yang mewajibkan kita untuk beraktifitas didalam rumah, perkantoran, mall dan sekolah diliburkan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Tentunya dalam mendukung kegiatan isolasi mandiri ini, baik pekerja maupun pelajar membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk menunjang kelas belajar online maupun video conference bagi para pekerja. Hal ini lah yang memberikan banyaknya permintaan pelanggan ditempat saya menjalani konsep RTRW Net, setiap harinya kurang lebih 10 - 20 orang meminta untuk berlangganan internet bulanan dan permintaan voucher hotspot yang sangat banyak. Tak disangka pandemi Covid-19 ini membawa berkah tersendiri pada bisnis RTRW Net ini, saya bersyukur masih dapat memberikan penghasilan tambahan kepada keluarga saya yang mana disaat ini banyak sekali rekan - rekan kita yang terkena imbas PHK akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini.


Mikrotik winbox


Kendala yang dihadapi

Dengan banyaknya permintaan pemasangan internet bulanan dan pemakaian voucher hotspot setiap harinya berimbas pada koneksi yang lemot dan Hardware Mikrotik yang kelebihan beban, Cpu Load selalu tinggi dikarenakan Hotspot Service Mikrotik menggunakan AAA yang berimbas ke Cpu.
  1. Mikrotik RB2100 Overload CPU
  2. Kendala masalah lisensi Level 4 (max 200 User)
  3. Kekurangan Bandwidth Internet Indihome 50MB
  4. Masalah FUP kuota indhome 
  5. Radio PTP rusak kena petir
  6. Kekurangan SDM untuk instalasi kabel dan AP ditempat pelanggan

Solusi yang dijalani

Banyak sekali masalah yang saya hadapi selama menjalankan RTRW Net ini, setiap hari chat di WA hanya komplain dan keluhan dari pelanggan. Saya tetap optimis untuk melakukan upgrade layanan RTRW Net ini dengan bantuan teman saya pun dapat menyelesaikan kendala dan kondisi dilapangan yang terjadi.
  1. Upgrade Mikrotik PC dengan CPU Pentium 4
  2. Upgrade License ke Level 6
  3. Upgrade Bandwidth 100 MB Indihome
  4. Pemasangan WIFIID / WMS, tembak wifi ke AP WIFIID dan Route Trafik Youtube ke WMS
  5. Penggantian Radio Mikrotik Groove
  6. Minta bantuan tetangga yang sudah tidak bekerja lagi untuk penarikan kabel

Dari Solusi - solusi yang telah saya jalani, alhasil koneksi stabil dan user login/logut lancar. Cpu mikrotik pun load nya cukup stabil dibawah 50% dengan user yang terkoneksi ke hotspot lebih 250 active user. 

Saya memanfaatkan WIFI ID untuk masalah sistim FUP indihome, dengan menggunakan mikrotik Cap sebagai penambak ke WIFI ID lalu saya alihkan ke LAN Mikrotik PC.


mikrotik graphing
Trafik Sosmed Via WIFI ID/WMS


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini hanya sebagai jurnal keseharian penulis. Tinggalkan komentar positif anda, saling menghargai satu sama lain.

Recent Posts

Pages

Pengikut