Rabu, 18 Maret 2020

Pengalaman membuat RTRW Net [Bagian 1]

konsep rtrw net

RTRW NET - KONSEP HOTSPOT SERVICE 

Latar Belakang Konsep RT/RW Net

Apa sih RT/RW Net? RT/RW-net sebenarnya produk hasil jerih payah banyak rakyat di Indonesia yang mengidamkan Internet murah. Dari segi peraturan RT/RW-net menunjukkan suatu pertanda ketidak adaan ruang legal untuk infrastruktur berbasiskan komunitas, yang dibangun dengan perlengkapan hasil sendiri, dari rakyat untuk rakyat. Tidak ada ruang legal untuk infrastruktur Wireless Internet memanfaatkan WiFi.

Tersedianya perlengkapan tehnologi informasi yang modern mendukung gaya hidup masyarakat yang lebih banyak menggunakan gadget / smartphone, sementara dukunganga jaringan operator seluler maupun broadband dengan sistim yang tidak fleksibel dengan adanya batasan limitasi kuota dengan harga yang cukup mahal bagi masyarakat kebanyakan . Keberhasilan RT/RW-net di Indonesia terjadi karena ada proses permintaan masyarakat terkait alternatif jaringan Internet yang murah. Belakangan ini, teknologi Wireless Internet kelihatannya menjadi tulang punggung RT/RW-net di Indonesia.

Konsep RT/RW Net Menggunakan Hotspot Mikrotik

Berbekal sedikit pengalaman membuka layanan internet RT/RW net di salah satu rusun daerah jakarta barat. Awalnya saya diajak oleh teman yang tinggal di rusun tersebut dan sering mengeluhkan sinyal koneksi operatos seluler yang buruk, ditambah lagi dari pihak yayasan pengelola rusun tersebut tidak memperbolehkan sama sekali ada provider internet yang masuk ke area rusun dikarenakan hal hal yang tidak diketahui.

Jika dilihat dari segi bisnis tentu ini sangat menguntunkan sekali jika saja ada provider internet yang bisa masuk ke area rusun tersebut, sudah pasti mau tidak mau penghuni rusun tersebut akan berlangganan koneksi internet yang ada.
Tanpa pikir panjang saya dan teman saya mulai memikirkan peluang ini, dengan mengandalkan modal yang tipis kami berusaha mencari solusi. Yaitu dengan memancarkan koneksi Telkom Indihome dari lokasi rumah teman yang sudah tercover jaringan Telkom Indihome ke rusun tersebut dengan radio link PTP Mikrotik Groove.

Kesimpulan RT/RW Net Mikrotik Hotspot

Alhasil internet berhasil dilewatkan melalui radio PTP Mikrotik ke rusun dengan Bandwidht 80Mbps. Setelah itu koneksi dari radio di bagi lagi menggunakan Mikrotik RB1100AH sebagai server routing dan untuk server hotspot menggunkan Mikrotik PC. Mengapa saya memakai Mikrotik PC dikarenakan Mikrotik RB1100AH hanya memiliki CPU yang kecil, dan jika dijalankan untuk Hotspot service Load CPU akan selalu tinngi hingga 90%.

Baca Juga : Pengalaman membuat RTRW Net [Bagian 2]


Setelah menjalankan kurang lebih satu tahun masih banyak sekali problem ataupun kendala keluhan dari pengguna layanan ini, harus siap menerima resiko komplain dan keluhan pelanggan adalah hal yang wajar sambil perlahan memperbaiki kualitas koneksi wireless ke pelanggan. Demikian yang dapat saya bagikan pengalaman membuat RTRW Net bermodal minim, jangan lupa tinggalkan komen dibawah ini ya.

Referensi : https://lms.onnocenter.or.id/wiki/index.php/RT/RW-net

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog ini hanya sebagai jurnal keseharian penulis. Tinggalkan komentar positif anda, saling menghargai satu sama lain.

Recent Posts

Pages

Pengikut